Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Cara Penguraian dengan Bios 44 untuk Cegah Pembakaran Lahan

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 30 Oktober 2019 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mencegah aksi pembakaran lahan baru, Korem 102/Pjg memperkenalkan sistem penguraian dengan menggunakan cairan bios 44.

Adi Santoso selaku pemateri dalam sosialisasi bios 44 menyatakan bios 44 merupakan cairan yang disatukan berfungsi memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada lahan gambut dalam tempo tertentu. Cairan tersebut membuat lahan gambut tidak akan mudah terbakar.

"Ide awal munculnya Bios 44 adalah dalam rangka mencegah kebakaran pada lahan yang mudah terbakar terutama lahan gambut, dan selanjutnya berkembang digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur," ujar Adi secara terpisah, Rabu 30 Oktober 2019.

Lebih jauh, Adi menambahkan gambaran singkat penggunaan Bios 44 ini adalah dengan menebang rumput atau gulma yang ada di kebun. Selanjutnya menyiramkan Bios 44 ini di atas hasil tebangan untuk mempercepat proses pembusukannya, proses tersebut dapat menghindari pembakaran lahan.

"Kami berharap Bios 44 ini bisa digunakan dan berguna bagi masyarakat khususnya di Prov. Kalimantan Tengah ini agar turut membantu pencegahan karhutla," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan soaialisasi ini, selain di Korem 102/Pjg juga dilaksanakan di Koramil 1016-01/ Pahandut yang diikuti masyarakat wilayah Koramil setempat. (ARNOL/B-2)

Berita Terbaru