Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA SKW III Muara Teweh Akan Antar Buaya ke Palangka Raya

  • Oleh Ramadani
  • 30 Oktober 2019 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Wilayah atau BKSDA SKW III Muara Teweh, Barito Utara, dalam waktu dekat akan mengantarkan seekor buaya muara ke Taman Wisata Alam Tangkiling di Palangka Raya.

Hewan karnivora panjang satu meter ini diterima BKSDA SKW III Muara Teweh dari warga bernama Jainal Arifin yang berprofesi sebagai nelayan di Desa Baru, Kabupaten Barito Selatan dalam kondisi sehat.

“Pengantaran satwa dilindungi ini ke Taman Wisata Alam Tangkiling, akan kita lakukan dalam waktu dekat menggunakan sarana yang ada. Untuk Taman Wisata Alam Tangkiling ini sudah disiapkan tempat untuk sementara merehabilitasinya sebelum dilepasliarkan,” ucap Kepala BKSDA SKW III Muara Teweh, Nizar Ardianto didampingi pegawainya, Perdi, Rabu 30 Oktober 2019

Nizar menerangkan, buaya jenis muara yang akan diantarkan ke taman wisata alam tengkiling ini berukur kurang lebih satu meter dan usianya kurang lebih satu tahun. Sebelum diserahkan oleh warga, buaya ini sempat dipelihara oleh Jainal Arifin sejak masih kecil.

Namun, kata dia,  karena seiring bertambahnya usia hewan pemakan daging ini, membutuhkan banyak makan dan hewan ini juga termasuk hewan buas, maka yang bersangkutan menyerahkannya ke BKSDA SKW III Muara Teweh.

“Kita juga mengimbau kepada warga yang memelihara satwa dilindungi agar dapat menyerahkan kepada kami, dan kami siap untuk datang mengambil satwa yang diserahkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Terhadap satwa dilindungi ini, kata Nizar, setelah melalui rehabilitasi di Taman Wisata Alam Tangkiling akan kembali dilepas liarkan ke habitatnya. “Nanti setelah buaya ini benar-benar siap, kemungkinan akan dilepas liarkan kembali. Untuk lokasi pelepas liaran yang biasanya yakni di taman Nasional Sebangau atau pun taman nasional tanjung puting,” katanya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru