Ratusan Hektare Lahan di Taman Nasional Sebangau Terbakar selama 2019

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 30 Oktober 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Luasan lahan yang terbakar di Taman Nasional Sebangau mencapai ratusan hektare selama 2019. Demikian Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Andi M Khadafi, Rabu 30 Oktober 2019.

"Untuk musim kemarau tahun ini luas lahan gambut yang terbakar di Taman Nasional Sebangau mencapai 165 hektare lebih," kata Khadafi.

Kebakaran di lahan gambut tersebut tidak terjadi di satu hamparan. Namun tersebar di kawasan Taman Nasional Sebangau yang memiliki luas total 542 ribu hektare lebih.

“Masih sekitar 0,029 hektar yang terbakar dari segi proporsi. Namun jumlah tersebut lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sekitar 14,5 hektare. Ini dipengaruhi el nino tahun ini rendah sampai sedang," ujar Andi.

Andi juga menerangkan ancaman kebakaran hutan dan lahan diperkirakan akan lebih parah terjadi pada tahun mendatang. Hal ini karena kemarau tahun depan akan lebih kering.

"Ancaman kebakaran hutan dan lahan tahun depan lebih besar lagi. Prediksi BMKG, kemarau tahun depan akan lebih kering," ujarnya. (ARNOL/B-11)

Berita Terbaru