Ini Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Gambut di Taman Nasional Sebangau

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 30 Oktober 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kebakaran hutan dan lahan di Kalteng sudah mulai berakhir. Beberapa titik masih terjadi secara sporadis. Meskipun semua pihak masih selalu bersiaga untuk mencegah dan mengatasi,  termasuk Balai Taman Nasional Sebangau.

Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Andi Khadafi mengatakan, dalam rangka pencegahan jangka panjang dan penanggulangan, berbagai upaya telah dilakukan.

"Setiap kali ada kejadian kebakaran seluruh personel Taman Nasional Sebangau turut melakukan pemadaman. Selain itu, disiapkan sekitar 500 sumur bor untuk sumber air saat pemadaman," kata Andi, Rabu 30 Oktober 2019.

Selain kesiapan langka penanggulangan terbakarnya lahan gambut, pihak Taman Nasional Sebangau juga terus melakukan penyadaran terhadap masyarakat sekitar.

"Kami terus intensif melakukan sosialisasi pencegahan kepada masyarakat. Masyarakat sekitar juga turut dilibatkan dalam menjaga kawasan Taman Nasional Sebangau," ujarnya.

Dia sangat mengharapkan agar kebakaran lahan gambut di wilayah Taman Nasional Sebangau di waktu mendatang bisa dicegah dan diminimalisir semaksimal mungkin. (ARNOL/B-11)

Berita Terbaru