Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Dusun Tengah Gelar Sosialisasi Pola Tanam Sayur Hidroponik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Oktober 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur menggelar sosialisai pemanfaatan lahan pekarangan, yakni dengan cara pola tanam hidroponik.

"Pemanfaatan lahan pekarangan isa menggunakan pola tanam hidroponik," kata koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Lukmanul Chakim. Rabu, 30 Oktober 2019.

Menurutnya, bercocok tanam dengan metode hidroponik memiliki keunggulan yakni tidak memakai zat kimia. Seperti pestisida atau zat racun pembunuh hama lainnya.

Sementara itu, Koordinator BPP Kecamatan Dusun Tengah, Warsinah mengatakan bahwa jenis tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik yakni sayur-sayuran seperti pakcoy dan selada.

Selain tidak menggunakan pestisida, bercocok tanam hidroponik lebih efisien dalam penggunaan lahan serta tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah.

"Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih, penggunaan pupuk dan air juga lebih efisien. Serta, pengendalian hama dan penyakit lebih mudah," imbuh Warsinah.

Menurutnya, untuk membuat kebun hidroponik beberapa peralatan bisa menggunakan barang-barang bekas kemasan makanan dan minuman. Hal itu untuk menghemat biaya sekaligus mengurangi sampah plastik.

"Barang bekas seperti botol minuman atau cup plastik bisa dimanfaatkan untuk kebun hidroponik," kata Warsinah.  (AGUSTINUS BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru