Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapat soal Lahan Dikembalikan ke Desa Penyang, Perusahaan Tidak Mau Tanda Tangan Berita Acara

  • Oleh Naco
  • 31 Oktober 2019 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah menerima hasil kesimpulan rapat dengar pendapat (RDP) dari DPRD Kotawaringin Timur, Pemerintahan Desa Penyang langsung rapat. Namun pihak perusahaan tidak mau tanda tangan berita acara rapat.

Berita acara rapat desa itu merupakan tindaklanjut dari hasil RDP terkait pengembalian 117 hektare lahan dari PT Hamparan Massawit Bangun Persada (HMPB) II.

"Sudah ada berita acara tapi perusahaan tidak tanda tangan, alasan mereka bukan yang berwenang katanya," ucap perwakilan warga Dedi Susanto, Kamis, 31 Oktober 2019.

Dalam rapat itu pihak perusahaan diwakili oleh Leger T Kunum dan Deden. Sementara pihak lain hadir warga dan kuasanya serta pemerintahan desa.

Dari berita acara itu kesimpulan rapat itu yakni penyelesaian lahan seluas 117 hektare diselesaikan terlebih dahulu dengan pemilik hak.

Selain itu, Dias Manthongka pengurus 2010-2011 karena tidak hadir dan mempertanggungjawabkan pengurusannya kepada kelompok yang menuntut sekarang maka dalam forum pertemuan itu mengambil sikap kepadanya dinyatakan gugur demi hukum dan dilanjutkan oleh kelompok yang merasa hak milik atau tanah adat belum diselesaikan oleh perusahaan.

Kemudian lahan dalam sengketa untuk tidak ada aktivitas sementara sebelum ada kesepakatan bersama pihak perusahaan dan masyarakat yang merasa memiliki hak atas nama tanah tersebut.

Pemerintah yang belum bisa memfasilitasi kemitraan 117 hektare sebelum diselesaikan sengketa lahan dengan kelompok masyarakat RT 5 sebagai pemilik hak yang bersengketa dengan pihak perusahaan.

Berita acara itu hanya ditandatangani oleh Kepala Desa Penyang, Musliadi dan kuasa dari warga. Sementara perusahaan tidak mau tanda tangan.

Dalam rapat itu juga dituangkan masukan James yang meminta lahan itu dikembalikan kepada warga dengan tidak dimitrakan.

Berita Terbaru