Status Siaga Darurat Karhutla dan Pos Komando Karhutla di Pulang Pisau Resmi Ditutup

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 31 Oktober 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Status siaga darurat dan pos komando Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Kabupaten Pulang Pisau resmi ditutup. Penghentian status siaga darurat itu berakhir pada, Kamis 31 Oktober 2019. 

Incident Commander (IC) Karhutla Kabupaten Pulang Pisau, Inf Mayor Mulyadi mengatakan, berakhirnya status siaga darurat Karhutla ini sesuai dengan surat keputusan pimpinan daerah. Meskipun masih terjadi Karhutla, pemberhentian status siaga darurat Karhutla ini memang harus dilakukan. 

"Kalau kami lanjutkan, tentu akan ada dana lagi," kata Mulyadi, Kamis 31 Oktober 2019. 

Mul menambahkan, saat ini terpantau masih ada 33 hotspot. Pihaknya mengaku tetap akan melakukan pemadaman sampai batas waktu berakhirnya penutupan status. 

"Kami akan tetap melakukan pemadaman. Meskipun nanti status siaga darurat berhenti tetap akan dilakukan pemadaman," ujar dia. 

Mul mengungkapkan, pemadaman itu akan dipusatkan oleh masing-masing satuan. Misalkan kami diperintahkan Dandim, Kapolsek diperintahkan Kapolres dan seterusnya. 

"Cuma mungkin akan kurang maksimal. Namun saya berharap dengan berakhirnya status siaga darurat Karhutla ini, kebakaran hutan atau lahannya juga bisa berhenti," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru