Cegah Penggelapan, Pengusaha Mobil Rental Harus Ekstra Waspada Terhadap Penyewa

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 31 Oktober 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Layanan penyediaan jasa mobil untuk disewakan memang bisnis yang cukup menggiurkan. Pebisnis hanya menyediakan mobil untuk yang mau menyewa sesuai dengan kebutuhannya. Meskipun demikian, layanan jasa mobil rental sangat berbahaya jika tidak ekstra hat-hati terhadap para penyewa yang sudah berencana jahat. 

Mencegah dan meminimalisir terjadinya hal-hal seperti ini Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya, AKP Nandi Indra Nugraha meminta agar para pengusaha rental mobil untuk selalu berwaspada dalam menyewakan mobil kepada pelanggan.

"Lumayan memang keuntungannya kalau armada banyak dan semuanya laris disewa orang. Tapi lebih bagus harus ada sistem yang baik sehingga mudah melakukan pengawasan atau pengontrolan. Sistem pengawasan juga yang memungkin bisa mendeteksi adanya penyewa yang diduga bisa menimbulkan masalah," pinta Nandi, Kamis, 31 Oktober 2019. 

Menurut Nandi, pelaku penggelapan mobil pada dasarnya memiliki modus yang bervariasi. Ada yang pura-pura meminjam hanya satu dua hari lalu kabur. Ada pula yang berbulan-bulan lalu digadekan lagi pada orang lain. Pokoknya bervariasilah.

"Ini yang harus ekstra hati-hati oleh para pemilik. Persaiangan bisnis boleh tetapi harus tetap waspada, jangan sampai dirugikan oleh para pelaku penggelapan yang tidak bertanggungjawab," ujarnya. 

"Jika memang ada yang merasa mencurigakan baik disaat awal menyewa maupun setelahnya agar segera melaporkan kepihak berwenang untuk ditangani," ujarnya. 

Diakhir perbincangan, dirinya mengharapkan agar kedepannya kejahatan-kejahatan seperti penggelapan mobil dan sejenisnya seperti yang menimpa Pak Essen pada beberapa waktu lalu tidak kembali terjadi dan dapat kita cegah bersama. (ARNOL/B-5) 

Berita Terbaru