Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenaikan Harga Daging Ayam di Tamiang Layang Masih Wajar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 November 2019 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kenaikan harga daging ayam broiler atau ayam pedaging di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu per ekor di Pasar Tamiang Layang masih wajar.

Demikian dikatakan Yanti, salah satu pedagang daging ayam broiler atau ayam ras pedaging di los Pasar Tamiang Layang, Jumat, 1 Oktober 2019. "Kami biasa jual per ekor bukan per kilogram. Harga normal pada hari-hari biasa berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga daging ayam broiler sudah berlangsung sekitar 3 minggu dan sudah lazim jika menjelang hari raya tertentu.

Pedagang yang lain, Helmi, mengatakan, kenaikan tersebut tidak berpengaruh pada daya beli warga Tamiang Layang dan sekitarnya. Hal itu terlihat dari jumlah daging ayam yang terjual tidak mengalami perubahan yang berarti dibanding saat belum naik.

Sementara itu, pedagang telur ayam dan itik bernama Nazir mengatakan, harga telur juga mengalami kenaikan Rp 300 per butir. Senada dengan pedagang daging ayam, ia menganggap kenaikan tersebut masih wajar.

"Harga telur juga naik, telur ayam jadi Rp 1.700 per butir dan telur itik Rp 2.500 per butir, tapi ini masih normal, biasanya kalau harga kulakan naiknya hanya sedikit, kami yang mengurangi keuntungan sehingga harga eceran tidak berubah," katanya. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru