Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat Targetkan Nilai A pada SAKIP

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 November 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat menargetkan nilai A pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di tahun 2020 mendatang.

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah sampaikan, saat ini capaian Kobar berada di nilai BB. Jika ke depannya Kobar mampu mendapatkan nilai A maka pemerintah daerah, akan mendapatkan reward dari pemerintah pusat.

"Maka dari itu, demi terpenuhinya target tersebut para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah harus melaksanakan rencana pembangunan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam target pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 7,53 persen," kata Nurhidayah, Jumat, 1 November 2019.

Nurhidayah menuturkan, ada beberapa sasaran yang hingga memasuki akhir tahun 2019 belum memenuhi target, di antaranya sektor perdagangan dengan target 7,50 persen dan baru terealisasi 7,37 persen, sektor pertanian dan kehutanan target 10 persen baru terealisasi 7,43 persen.

"Sektor pariwisata yang dijadikan unggulan juga belum mampu berbuat banyak dalam mendongkrak perekonomian masyarakat, kita butuh pengembangan ekonomi kreatif dari masyarakat untuk mendukung program pariwisata" ucapnya.

Lanjutnya, Nurhidayah menjelaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) targetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 sebesar 7,48 persen namun hanya terealisasi sebesar 6,46 persen.

Kemudian penopang pertumbuhan ekonomi sektor pengolahan dalam sasaran RPJMD terealisasi 6,81 persen melebihi dari target yang ada yaitu sebesar 5,80 persen. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru