Puskesmas Lahei II Disurvei untuk Mendapatkan Akreditasi, Ini Harapan Bupati Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 01 November 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Puskesmas Lahei II dievaluasi oleh tim survey untuk mendapatkan akreditasi, Jumat, 1 Oktober 2019. Sebelumnya, Puskesmas Kandui, Puskesmas Sei Rahayu dan Puskesmas Lanjas telah dinyatakan terakreditasi.

Akreditasi puskesmas dinilai penting dalam rangka upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan termasuk untuk Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) puskesmas di Kabupaten Barito Utara.

Pemkab Barito Utara melalui Dinas Kesehatan terus mengupayakan peningkatan pelayanan tersebut dengan penilaian akreditasi.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah melihat langsung Puskesmas Lahei II dan mengharapkan hasil survei mendapatkan nilai terbaik yakni Akreditasi paripurna.

Nadalsyah menyampaikan bahwa dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta terus berupaya melakukan pembenahan sarana dan prasarana kesehatan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan baik, khusunya puskesmas-puskesmas, disamping juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pedesaan.

Dalam kaitan penilaian akreditasi puskesmas guna terpenuhinya segala ketentuan yang berlaku sesuai standar yang telah ditetapkan, Bupati mengharapkan juga dengan lengkapnya sarana prasarana UPT Puskesmas Lahei II serta kepuasan masyarakat akan kinerja pelayanan, kinerja kedisiplinan pegawai dan sigapnya pelayanan dapat menjadi titik nilai tertinggi untuk menjadi Akreditasi Puskesmas Paripurna.

Selain bidang lain, Pemerintah Daerah telah memprioritaskan bidang kesehatan, dimana telah mengusulkan penerimaan CPNS untuk diprioritaskan di kecamatan-kecamatan khususnya penambahan tenaga kesehatan di Kecamatan Lahei UPT Puskesmas Lahei II.

"Dengan bertambahnya jumlah pegawai maka pelayanan akan lebih optimal dirasakan oleh masyarakat setempat serta berharap, kedepannya UPT Puskesmas Lahei II bisa menjadi Puskesmas Rujukan di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat yang disyaratkan dalam Undang-undang yang berlaku," jelas Nadalsyah.

Dalam survei akteditasi Puskesmas Lahei II, penilaian dilakukan oleh tim survey akreditasi FKTP yang terdiri dari Dr Marwan Siddik, Nur Dahniar dan Sutejdo.

Perwakilan tim penilai Dr. Marwan Sidik menyampaikan bahwa proses akreditasi dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan kepada masyarakat. Proses pelayanan menjadi perhatian penting dalam penilaian ini.

Berita Terbaru