Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Perusahaan Beri Reward untuk Desa Siaga Karhutla

  • Oleh Naco
  • 02 November 2019 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, M Kurniawan Anwar mendukung langkah perusahaan yang memberikan reward kepada desa, yang mampu menjaga desanya dari api saat musim kemarau.

Itu harus jadi contoh agar bisa dilaksanakan semua perusahaan besar swasta di Kabupaten Kotim. Sehingga jadi semangat bagi desa dalam menjaga api saat kemarau tiba.

"Jika kepedulian perusahaan itu semua seperti itu kepada desa di wilayah investasinya, maka pencegahan karhutla bisa lebih maksimal," kata Kurniawan, Sabtu, 2 November 2019.

Kurniawan mengaku prihatin dengan karhutla yang menyebabkan bencana asap beberapa waktu lalu. Kondisi itu berdampak kepada semua sektor.

Namun, keterlibatan masyarakat dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan memberikan dampak positif. Tidak hanya bagi masyarakat setempat saja, namun juga bagi perusahaan itu sendiri.

"Secara tidak langsung mereka ikut mencegah api yang sewaktu-waktu itu bisa menjalar ke kawasan perkebunan," tandasnya.

Selain perusahaan, Kurniawan juga mendorong agar pemerintah melakukan hal serupa. Agar seluruh desa bisa berlomba-lomba mencegah kebekaran lahan ke depannya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru