Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPK Ungkap Problem yang Terdapat di Dewan Pengawas

  • Oleh Tempo.co
  • 02 November 2019 - 23:42 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mempermasalahkan penunjukan langsung anggota Dewan Pengawas oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut KPK, hal tersebut sudah sesuai dengan UU KPK hasil revisi bahwa untuk pertama kalinya lima anggota dewan pengawas dipilih langsung oleh presiden.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya juga tak menyodorkan kriteria ideal anggota Dewas. Sebab menurut KPK, problem UU KPK hasil revisi adalah sejumlah perubahan yang melemahkan lembaga antirasuah.

"Persoalan bukan pada kriteria, tapi ada beberapa problem di UU tersebut yang berisiko pelemahan," kata Febri di gedung KPK, Jumat, 1 November 2019.

Febri mengatakan KPK telah menganalisa UU hasil revisi. Hasilnya ditemukan ada 26 poin perubahan yang berpotensi melemahkan KPK.

Salah satu hal yang dianggap melemahkan KPK yakni keberadaan Dewan Pengawas itu sendiri. Tim transisi KPK yang melakukan penelaahan terhadap UU baru menyebutkan Dewan Pengawas lebih berkuasa daripada Pimpinan KPK.

Namun, syarat menjadi Pimpinan KPK lebih berat dibanding Dewan Pengawas. Pimpinan KPK diharuskan berijazah sarjana hukum atau sarjana lain yang memiliki keahlian, dan pengalaman paling sedikit 15 tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan.

Syarat itu tak ada untuk dewan pengawas. Selain itu, kewenangan Dewas juga masuk pada teknis penanganan perkara.

Dewas berwenang memberikan izin tertulis untuk penyadapan, penggeledahan, hingga penyitaan. Integritas Dewan Pengawas juga hal lain yang disorot tim transisi.

Tidak seperti pimpinan KPK, anggota dewan pengawas tidak dilarang untuk bertemu dengan pihak-pihak yang tengah berperkara di KPK. Hal ini menurut tim berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

Berita Terbaru