Bottas Raih Pole Position Grand Prix AS

  • Oleh ANTARA
  • 03 November 2019 - 08:30 WIB

Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas mengunci pole position untuk Mercedes di Grand Prix Amerika Serikat mengungguli Sebastian Vettel dari tim Ferrari di babak kualifikasi, Sabtu waktu setempat.

Bottas menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 32,029 detik, memecahkan rekor waktu putaran di Sirkuit Americas (COTA) lewat upaya terakhirnya di penghujung sesi kualifikasi, sedangkan Vettel dengan margin tipis 0,012 detik akan start dari P2, demikian laman resmi Formula 1.

Hasil itu mengakhiri enam pole position beruntun Ferrari yang diraih setelah jeda musim panas dan merupakan pole position sekali lagi bagi Bottas sejak GP Inggris serta bagi Mercedes sejak GP Jerman pada akhir Juni lalu.

"Membuat lap seperti itu di tempat seperti ini... yang terakhir kekurangan grip sama sekali. Aku senang tak ada yang bisa memperbaiki waktunya, hari yang menyenangkan," kata Bottas usai kualifikasi.

Di mobil Mercedes kedua, Lewis Hamilton, yang berpeluang mengunci gelar juara dunia keenamnya, membuat kesalahan di lap terakhir di kualifikasi akan start dari tempat kelima, 0,292 detik di belakang rekan satu timnya.

Hamilton hanya perlu finis setidaknya P8 di COTA, sedangkan Bottas harus menang jika ingin peluang perebutan gelar di antara kedua pebalap Mercedes itu terbuka hingga GP selanjutnya di Brazil.

Bottas saat ini terpaut 74 poin dari Hamilton dengan tiga balapan tersisa.

"Jujur aku mencoba tak memikirkan itu saat ini, aku hanya sedang mencoba mencerna apa yang baru saja terjadi dan akan memikirkan soal besok nanti," kata Hamilton.

Hamilton menjadi pebalap paling sukses di GP Amerika Serikat dengan enam kemenangan di sana, lima di antaranya diraih di Texas.

Pebalap Red Bull Max Verstappen, yang tampil cepat di dua sesi latihan, terpaut 0,067 dari Bottas akan start dari P3 di depan Charles Leclerc yang terpaut 0,108 detik dari pole sitter.

Berita Terbaru