Stabilkan Harga Pada Hari Raya, Distanak Barito Timur Mulai Budidaya Ayam Pedaging

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 November 2019 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Untuk stabilisasi harga daging ayam terutama pada saat menjelang hari raya keagamaan, Dinas Pertanian dan Peternakan atau Distanak Barito Timur mulai awal November 2019 mengembangkan ternak ayam pedaging.

"Pengembangan ternak ayam pedaging dilakukan di UPTD Pengembangan Ternak Bangi," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi lewat pesan Whatsapp, Minggu, 3 Oktober 2019.

Saat Borneonews.co.id menyambangi UPTD Pengembangan Ternak Bangi Wa'o, tampak anak ayam broiler atau ayam pedaging pada dua petak kandang dengan masing-masing kandang diisi 1.500 ekor  anak ayam.

"Ini baru datang kemarin, ada 3.000 ekor ayam yang dipelihara untuk tahap pertama," kata Martino, petugas yang bertanggung jawab mengelola peternakan ayam tersebut.

Menurut Kepala Distanak Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi, pada semester pertama tahun 2020 akan diternakkan lagi 3.000 ekor ayam pedaging.

Pengembangan ayam pedaging tersebut untuk stabilisasi harga di hari-hari besar keagamaan serta menjamin ketersediaan daging ayam untuk masyarakat Barito Timur.

"Kita harapkan dengan upaya tersebut, saat hari raya tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga daging ayam pada pasar-pasar yang ada di Barito Timur," pungkas Riza. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru