Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Peserta Ikuti Pekan Peduli Orangutan di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 November 2019 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Antusias masyarakat ikuti Pekan Peduli Orangutan di Kotawaringin Barat (Kobar) sangat tinggi. Diperkiranan ada 2 ribuan lebih peserta andil dalam kegiatan yang digelar oleh Orangutan Foundation International (OFI), di Taman Kota Manis Pangkalan Bun, Minggu, 3 November 2019.

"Kegiatan ini baru berlangsung dua kali ini untuk di Kobar, tahun 2018 pesertanya 1.378 orang, pada tahun 2019 ini diperkirakan lebih banyak dan mencapai 2 ribu orang peserta," ujar Presiden OFI Prof Dr Birute Mary Galdikas, melalui manager kampanye orangutan OFI Dorprawati Siburiann, usai melepas peserta.

Masyarakat Kobar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, selain dari pelajar, ada juga dari komunitas pencinta lingkungan, komunitas pecinta orangutan. Dimana mereka mewakili desa dan kelurahan dalam kota.

"Jadi masih banyak peserta yang belum terdata, dan mereka ikut gabung saja, kami sangat berterimakasih karena, masyarakat Kobar disemua elemen memiliki semangat yang sama dalam menjaga alam khususnya habitat orangutan," ungkapnya.

Lanjutnya, jarak antara penyebaran undangan ke sekolah - sekolah dengan hari pelaksanaan hanya 4 hari, namun persiapan peserta sangat luar biasa, dalam undangan dijelaskan masing - masing sekolah diminta untuk mengirimkan minimal 20 orang peserta dan maksimal 40 orang.


"Pesertannya membludak, ada yang mencapai 60 bahkan sampai 80 orang, saya sangat berterimakasih atas semangatnya para peserta," ucapnya.

Ia berharap, kedepan agenda ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun, sehingga pesertannya dapat mempersiapkan lebih baik lagi, dalam rangka mengajak masyarakat untuk menjaga dan membentuk karakter generasi muda peduli terhadap habitat orangutan.

Dalam PPO 2019 ini peserta tidak mendaoat hadiah uang tunai, tetapi akan dapat paket open trip gratis bagi pemenang, pada 10 November 2019, ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Kami telah menyediakan 5 unit kapal kelotok wisata, untuk mereka khususnya para perwakilan anak-anak sekolah," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru