Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPJS Kesehatan Diminta Koordinasikan Data Penerima UHC

  • Oleh Norhasanah
  • 04 November 2019 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diharapkan agar data yang dipakai dalam program Universal Health Coverage atau UHC sesuai dengan data di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DonsosPMPPP-PA) Sukamara.

"Jangan sampai data yang sudah tidak valid tetapi masih dipakai. Harus ada koordinasi antara Dinas Sosial yang memangani masalah data ini," pesan Sekda Sukamara, Sutrisno, Senin, 4 Oktober 2019.

Menurut Sutrisno, apabila data tersebut belum singkron maka penganggaran untuk UHC tidak bisa real mengenai anggaran yang diperlukan.

"Kalau datanya sudah pasti, maka kebutuhan untuk UHC ini juga jelas. Apabila memang dicermati, saya rasa anggarannya tidak akan sebesar ini," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak ada masalah dengan naiknya iuran BPJS Kesehatan tersebut. Dengan catatan, penerima program UHC harus benar-benar tepat sasaran, yakni keluarga miskin.

"Jangan ditafsirkan, bahwa UHC ini adalah pengobatan semesta, atau semua ditanggung.  Saya lihat di UHC itu yang ditanggung pemerintah itu kelas tiga, untuk kelas lain tidak," jelas Sutrisno. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru