BPBD Kotim: Posko Karhutla akan Dibangun Lebih Awal Guna Antisipasi Meluasnya Kebakaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 November 2019 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tahun depan, posko penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur akan dibangun lebih awal sebagai upaya agar antisipasi meluasnya kebakaran lahan yang terjadi pada musim kemarau nantinya.

"Tahun depan posko Karhutla akan dibangun lebih awal agar bisa mengantisipasi meluasnya kabekaran lahan saat musim kemarau," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Senin 4 November 2019.

Posko lebih awal itu dilakukan, karena berdasarkan evaluasi Satgas Karhutla Kotim yang bertugas untuk pemadalam kebakaran lahan beberapa waktu lalu.

Dari hasil evaluasi, bahwa posko harus dibangun lebih awal, sehingga jika nantinya terjadi kebakaran lahan langsung dilakukan pemdaman, sehingga tidak terus meluas nantinya.

"Jadi pemdaman terhadap api yang kecil menjadi fokus kami nantinya, agar api tidak meluas membakar lahan yang ada di Kotim ini," katanya.

Para petugas posko juga tidak hanya melakukan pemadaman saja, namun mereka juga akan bertugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga nantinya saat semak belukar di lahannya kering, tidak dilakukan pembakaran.

"Sosialisasi juga akan kami gencarkan, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan," terangnya.

Pihaknya juga akan menambah perlatan pemadam kebakaran pada tahun ini, sehingga tahun depan tidak terkendala lagi pemadamannya dan pemadaman juga akan lebih maksimal nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru