Ini Tujuan Lain SKPD Bangka Belitung Pelajari Program Integrasi Sawit Sapi di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 November 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain berupaya agar produk daging bisa dipenuhi secara mandiri di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), masih ada lagi tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan program integrasi sawit sapi.

Ketua rombongan SKPD yaitu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Juadi, Senin 4 November 2019 dalam kunjungan studi banding ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjelaskan manfaat lainnya dari program integrasi sawit sapi.

"Kita ketahui bersama kondisi lahan di Provinsi Babel jenisnya adalah lahan tambang. Sehingga sangat sedkit kandungan bahan organiknya," jelasnya.

Jadi dengan adanya program integrasi sawit sapi, terbuka kesempatan untuk mengolah lahan menjadi lebih subur.

"Karena manfaat jangka pendek ynang bisa kita ambil yaitu kotoran sapi. Berdasarkan data, seekor sapi menghasilkan sekitar 25 Kg kotoran per hari," jelasnya.

Juadi menjelaskan kotoran sapi nantinya yang dimanfaatkan untuk mengolah tanah agar bisa subur lantaran bahan organiknya lebih banyak.

"Karena Kabupaten Kobar sudah lebih dahulu melaksanakan program integrasi sawit sapi. Kita sengaja datang untuk belajar dan hasilnya nanti bakal kita kembangkan di Provinsi Babel. Tentunya dengan modifikasi dibeberapa hal disesuaikan kondisi lahan di Babel berbeda dengan Kobar," sebutnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru