Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penekanan Gubernur untuk Cegah Karhutla di 2020

  • Oleh Budi Yulianto
  • 04 November 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan beberapa poin penekanan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di 2020.

"Pertama, perkuat upaya-upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi Karhutla 2020, dimulai sejak bulan Januari 2020. Jangan tunggu ada kejadian kebakaran baru mulai bergerak," pesannya, Senin, 4 November 2019.

Kedua personil reaksi cepat penanganan karhutla dimantapkan dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Optimalkan keterlibatan masyarakat yang selama ini sudah dilatih. 

Lengkapi alat dan sediakan anggaran operasional sehingga mereka bisa mendukung reaksi cepat jika ada kejadian kebakaran. Jangan biar kejadian kebakaran membesar baru ditangani. Tapi sedini mungkin dipadamkan. 

Selanjutnya, penetapan keadaan darurat bencana karhutla secara tepat, mulai dari siaga darurat, tanggap darurat dan transisi darurat.

Kabupaten kota yang belum menetapkan pedoman dalam penetapan keadaan darurat bencana karhutla agar segera diselesaikan, sehingga tahun 2020 tidak lagi ragu-ragu dalam menetapkan keadaan darurat. 

Kemudian seluruh pihak bersinergi positif baik dari pemerintah, lembaga usaha, masyarakat, media dan perguruan tinggi akademisi. Pastikan semua berperan sesuai dengan tanggung jawab dan kapasitas yang dimiliki. 

Terakhir, alokasikan anggaran yang memadai untuk penanganan karhuda baik itu melalui anggaran murni maupun anggaran darurat. Provinsi akan mengevaluasi alokasi anggaran untuk penanganan karhutia setiap kabupaten, terutama pada daerah-daerah gambut.

Saudara sekretaris daerah provinsi selaku ketua TAPD agar ini menjadi perhatian. Kabupaten dan kota yang mengalokasikan anggaran karhutla tidak memadai agar dikembalikan.

Penekanan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi evaluasi darurat bencana kebakaran hutan dan lahan 2019 di Aula Eka Hapakat lantai III kantor gubernur Kalteng.

Berita Terbaru