Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Kecamatan di Kotawaringin Timur Rawan Banjir 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 November 2019 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada beberapa kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang rawan dilanda banjir. Terutama kecamatan di utara atau yang berada di pinggiran sungai. 

"Ada 5 kecamatan di Kotim yang rawan dilanda banjir, kecamatan tersebut berada di wilayah utara," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusuf, Senin, 4 November 2019. 

Ke-5 kecamatan yang rawan terjadi banjir tersebut yakni Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hulu, Antang Kalang, dan Bukit Santuai. Ada beberapa desa yang rawan banjir di lima kecamatan tersebut. Terutama yang berada di pinggiran sungai. 

Karena saat musim penghujan, sungai meluap dan tidak bisa menampung air akibat hujan deras. Sehingga membuat, air sungai naik dan merendam rumah-rumah masyarakat yang berada di tepian sungai. 

"Lima kecamatan tersebut ada beberapa desa yang masyarakatnya tinggal di tepi sungai, dan itulah daerah yang rawan terjadi banjir," kata Yusuf. 

Yusuf menerangkan, musibah banjir tersebut terjadi hampir setiap tahun saat musim penghujan datang. Apalagi jika hujan deras mengguyur, maka air sungai akan meluap dan berdampak banjir. 

Meskipun begitu, masyarakat yang tinggal di 5 kecamatan tersebut, sudah terbiasa. Bahkan beberapa diantara membangun rumah panggung atau berada di dataran tinggi. Guna menghindari terjadinya banjir. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru