Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Terus Mendorong Pemekaran Kotawaringin Utara

  • Oleh Naco
  • 04 November 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Parimus menyebut dorongan dan desakan dari masyarakat Kotim kepada pemerintah pusat menyetujui pembentukan Kabupaten Kotawaringin Utara harus terus dilakukan. 

Karema Parimus melihat beberpa tahun terakhir ini  rencana pemekaran itu nyaris tenggalam pasca diserahkannya dokumen persiapan ke pemerintah pusat. 

"Kita harus mendesak pemekaram itu. Kalau hanya sekadar aksi menuntut pembentukan DOB itu saya kira sah-sah saja menurut  aturan, asalhkan aksi di daerah itu  tidak anarkis," tegas Parimus, Senin, 4 November 2019.

Menurutnya isu pemekaran itu jangan sampai tenggelam, masyarakat melalui BP3K Kotara harus aktif ke pemerintah pusat menyuaran itu.

"Karena bagi saya pribadi kalau mau dearah utara itu cepat majunya sama seperti kecamatan di Kota ini maka pemekaran ini solusinya," tegas Parimus.

Dia lantas menyampaikan jika kondisi daerah ini hanya menunggu dari pemerintah pusat maka sampai kapanpun wacana pemekaran hanya akan jadi berkas saja di tingkat pusat. 

Menurutnya, pemekaran ini bukan dikatagorikan sebagai hal baru tetapi lumrah menuntut percepatan pembangunan untuk daerah ini.

Jika berkaca, kata dia dari ketentuan peraturan yang mana mengisyaratkan pemekaran maka Kotim ini sudah layak dibentuk. 

"Ya kendala kita itu ditingkat pemerintah pusat,  moratorium pemekaran itu belum juga di cabut. Sekarang bagaimana caranya kita mengambil perhatian dari pemerintah pusat supaya menecabut itu," tutup Parimus. (NACO/B-5)

Berita Terbaru