Bupati Barito Utara Hadiri Rakor Evaluasi Penanganan Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 04 November 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi penanganan karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dan strategi pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan darurat bencana Karhutla tahun 2020.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Senin 4 Oktober 2019.

Rakor tersebut dihadiri juga oleh pihak  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Gubernur Kalimantan Tengah, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Kalimantan Tengah, seluruh Bupati/ Walikota se-Kalimantan Tengah, serta Tim Teknis Terkait dan lembaga masyarakat.

Dalam rakor tersebut, Nadalsyah menyampaikan beberapa laporan kepada Gubernur Kalimantan Tengah tentang upaya-upaya yang telah dilakukan Kabupaten Barito Utara antara lain sosialisasi kampanye dan pemasangan spanduk baliho, patroli rutin, pembentukan satgas gabungan, melibatkan masyarakat.

Selain itu,  pembentukan dan pembinaan masyarakat peduli api, penguatan sarana dan prasarana, melakukan ground check hotspot, pemadaman dini, meningkatkan koordinasi dan sinergitas, mengaktifi MPA, rapat dengan instansi terkait, ketetapan waktu penetapan status keadaan darurat karhutla, mengalokasikan anggaran pencegahan dan kesiapsiagaan.

Sebelumnya, Plt Kalaksa BPBPK Kalteng, H Darliansjah mengatakan tahun 2020 diperkirakan bahaya atau ancaman karhutla akan mengalami peningkatan daripada tahun 2019 untuk itu upaya pencegahan harus ditingkatkan dan semakin baik.

Oleh karena itu, diakhir acara diadakan komitmen bersama sebagai dasar upaya untuk kesiapsiagaan di tahun 2020. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru