Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Tidak Cukup Melatih, Tapi Mendampingi Petani

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 November 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Riza Rahmadi menyampaikan pesan kepada semua penyuluh untuk tidak berhenti pada tahap melatih petani atau peternak, tetapi juga mendampingi petani.

"Saya menegaskan kepada semua penyuluh, tidak cukup dengan hanya melatih saja, saya minta didampingi terus petani di wilayah kerja masing-masing penyuluh pertanian sampai dengan pemasaran," tegas Riza menanggapi kegiatan pelatihan kelompok ayam petelur yang dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dusun Timur di wilayah binaan Desa Sumur, Senin, 4 November 2019.

Hal itu dimaksudkan agar program yang digulirkan pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan dapat berhasil dengan baik dan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi petani dan peternak binaan penyuluh tersebut.

Koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur Lukmanul Chakim, mengatakan ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yg dipelihara khusus untukk diambil telurnya.

"Prospek usaha peternakan ayam ras petelur di kabupaten Barito Timur sangat baik, dilihat dari sisi permintaan, produksi peternakan ayam ras petelur di Barito Timur belum mencapai kapasitas produksi yang sesungguhnya," kata Lukmanul.

Lanjutnya, prospek pengembangannya masih terbuka karena produksi telur ayam ras di Indonesia baru mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri sebesar 65 persen.

Lukmanul berharap kegiatan pelatihan yang diikuti oleh kelompok tani dan juga dihadiri oleh Kepala Desa dan Ketua BPD Sumur serta pendamping desa tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi warga Desa Sumur.

"Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan perilaku sikap, keterampilan dan perekonomian petani menuju masyarakat Kabupaten Barito Timur yang sejahtera," pungkasnya. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru