Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga CPO Siap Masuki Tren Positif

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 05 November 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit mentah (CPO) berpotensi memasuki tren positif hingga tahun depan karena tren kenaikan permintaan CPO di pasar global seperti di China dan India.

"China memiliki kebutuhan impor CPO yang berpotensi mengalami peningkatan karena produksi minyak hewani China mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Hal ini, menimbulkan kebutuhan baru atas produk-produk minyak nabati seperti misalnya CPO sebagai barang substitusi," kata Investor Relations PT Sampoerna Agri Tbk, Michael Kesuma, di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Kebutuhan sektor energi di China atas minyak nabati juga diprediksi akan membuat angka impor China menjadi semakin besar ke depannya. Sama halnya dengan China, tingkat persediaan CPO dalam negeri yang terbatas juga diyakini membuat volume impor CPO India terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Sementara itu, pada saat yang bersamaan, adanya perlambatan pada pertumbuhan produksi CPO secara global. Mengutip data Oil World, pertumbuhan laju produksi CPO global sempat mengalami puncaknya pada 2016 dengan kenaikan produksi sekitar 9 juta ton.

Namun demikian, angka pertumbuhan produksi global selanjutnya tercatat mengalami penurunan menjadi 4,5 juta ton di 2017 dan 4 juta ton di 2018 dan diproyeksikan sebesar 2 juta ton pada tahun ini. 

"Tren ini akan terus berlanjut hingga tahun depan. Dalam hal ini, kenaikan permintaan dan perlambatan pertumbuhan produksi yang terjadi secara bersamaan diyakini berpotensi memiliki dampak yang positif terhadap tren harga CPO hingga tahun depan," papar Michael. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru