Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Aplikasi Siskeudes untuk Tertibkan Tata Kelola Keuangan Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 05 November 2019 - 12:52 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala DinsosPMDPP-PA Kabupaten Sukamara, Aji Nugraha mengatakan pelatihan aplikasi siskeudes 2.0.2 bertujuan untuk mentertibkan tata kelola keuangan suruh desa.

"Kita menganggap desa sangat perlu sekali pelatihan ini, karena anggaran desa yang mereka kelola sangat besar, bahkan ada yang lebih dari APBD," ucap Aji, Selasa 5 November 2019.

Menurutnya dengan anggaran tersebut, maka perangkat desa harus memahami yang berkaitan dengan regulasi dan peraturan perundang-undangan.

"Melalui aplikasi siskeudes ini untuk mentertibkan tata kelola keuangan desa dna tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Aji menambahkan aplikasi siskeudes bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Dia berpesan agar sekretaris desa benar-benar menjalankan tugasnya sebagai verifikasi.

"Jangan terkesan asal-asalan dalam memverifikasi terhadap DPA, DPPA, DPAL, RAK desa, dan bukti penerimaan dan pengeluaran APBDes," pesannya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru