Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Ponsel Disita, Lapas Palangka Raya Mengaku Sudah Optimal Jaga Barang Masuk

  • 05 November 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pihak lembaga pemasyarakatan atau Lapas Palangka Raya mengaku telah melakukan upaya yang optimal dalam melakukan penjagaan atas setiap barang yang masuk ke dalam lapas, termasuk ponsel.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIA Palangka Raya Arip Herdian mengatakan jika pihaknya sudah melakukan pemeriksaan melalui x-ray termasuk pemeriksaan badan menyeluruh bagi keluarga yang datang membesuk napi yang kini berjumlah 743 orang.

Ia menambahkan jika dalam peningkatan pengamanan pihaknya juga sudah membuat proyek tembok baru guna mengantisipasi adanya penyelundupan barang seperti ponsel ataupun barang lainnya melalui celah atas tembok baik dilempar ataupun dengan menggunakan drone.

"Kami sudah melakukan banyak upaya optimal dalam pengamanan dan mencegah adanya barang ilegal seperti itu masuk ke lapas," ujar Arip, Selasa, 5 November 2019.

Ia menambahkan jika tidak sedikit para penjenguk yang melakukan berbagai cara untuk bisa menyelundupkan barang khususnya ponsel kedalam lapas. Salah satunya dengan menggunakan makanan yang akan diberikan kepada napi. 

"Jadi banyak dari pembesuk itu mengakali. Dengan memasukkan ponsel dalam bungkus nasi supaya tidak terdeteksi x-ray. Tapi petugas tentu akan memeriksa barang bawaan tersebut secara manual juga sehingga hal itu bisa dicegah," tuturnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru