Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Harapkan Peran Posyandu Diefektifkan

  • Oleh James Donny
  • 05 November 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengharapkan peran pos pelayanan terpadu diefektifkan dalam rangka menangani masalah stunting yang menjadi program pemerintah pusat hingga di daerah.

"Seperti kita ketahui salah satu misi Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin adalah mengembangkan sistem jaminan gizi dan tumbuh kembang anak melalui mempercepat perbaikan asupan gizi sejak dalam kandungan sampai dengan anak balita," kata Bupati.

Hal tersebut terang Edy dapat dilakukan juga dengan mengaktifkan semua posyandu yang ada. "Ini dapat terwujud apabila kita bersama-sama mengaktifkan kembali posyandu," kata Bupati.

Harapannya agar Dinas Kesehatan dapat memberikan suport terkait hal ini, diantaranya dengan menggelar lomba-lomba untuk balita, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan gizi bagi ibu dan anak.

"Dengan adanya lomba seperti ini akan memberikan motivasi kepada orang tua agar aktif membawa anaknya ke posyandu, karena melalui posyandu kita bisa memantau untuk menghindari terjadinya stunting," ujar Edy.

Terkait dengan program pencegahan stunting Edy mengatakan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Pusat untuk masa depan bangsa dan generasi mendatang.

"Stunting bukan masalah saat ini saja tetapi masalah yang dampaknya baru akan dirasakan di masa depan," katanya.

Menurutnya masalah stunting adalah masalah nasional yang cukup serius karena menjadi ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Karena itu peran dan fungsi posyandu harus aktif untuk memantau masalah stunting ini. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru