Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbedaan Youtube Music dengan Aplikasi Musik Streaming Lain

  • Oleh ANTARA
  • 06 November 2019 - 11:06 WIB

Jakarta (ANTARA) - Youtube meluncurkan aplikasi musik streaming Youtube Music di Indonesia dengan membawa enam fitur yang diklaim berbeda dari aplikasi musik streaming lainnya.

"Orang datang ke Youtube untuk menikmati momen musik dari berbagai konser maupun festival musik. Youtube digunakan untuk menonton, sementara dengan Youtube musik kami ingin membuat pengalaman mendengarkan musik lebih premium," ujar Product Manager Youtube, Brandon Bilinski, dalam video conference di Kantor Google Indonesia, Selasa (5/11).

Berikut enam hal yang menurut Brandon membuat Youtube Music berbeda dari aplikasi streaming lain.

1. Konten lengkap
Brandon mengatakan Youtube menjadi tempat untuk meng-cover dan me-remix lagu, Brandon mengatakan konten-konten tersebut juga hadir di Youtube Music.

Bukan hanya video musik, tetapi juga official music dan official album, single, remix, live concert dan musik-musik "langka" yang hanya bisa ditemukan di Youtube juga hadir di Youtube Music.

2. Rekomendasi khusus
Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan dan aktivitas yang dilakukan si pengguna.

"Personalisasi sangat penting bagi Youtube Music, jadi kami mengetahui musik apa yang telah Anda konsumsi di Youtube, dan kami bisa membuat personalisasi rekomendasi Youtube Music untuk Anda," kata Brandon.

Jadi, saat pengguna sedang berolahraga di gym misalnya, atau sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor, pengguna bisa menemukan musik yang tepat dalam aplikasi Youtube Music.

3. Ribuan playlist
Brandon menyebutkan akan ada ribuan playlist dari berbagai genre, suasana hati, aktivitas atau bahasa. Ada playlist "Pop Indonesia yang Akan Ngehits," "Pop Indonesia Terbaru" atau "Paling Hits Hari Ini" untuk menemukan musik baru.

4. Fitur penelusuran
Brandon mengatakan kemampuan Google sebagai mesin pencari juga akan digunakan pada Youtube Music untuk mencari musik.

"Jika Anda tidak tahu judul lagu, Anda bisa memasukkan lirik lagu, dan kami akan mencarinya," kata Brandon.

Meskipun lirik yang dimasukkan dalam kolom pencarian salah, Brandon mengatakan Google Search akan mampu menelusuri lagu yang dimaksud.

5. Video terbaru dan terpopuler
Dengan Youtube Music pengguna dapat mengetahui apa saja video terbaru dan terpopuler yang dimasukkan dalam kolom Hotlist.

Misalnya, hari ini di Indonesia, kolom Hotlis menampilkan "Hotlist Pop Indonesia," "Hotlist Musik Dance Indonesia," "Hotlist Heavy Rock Indonesia," "Hotlist Rock Indonesia," "Hotlist Indie Indonesia," dan "Hotlist Hip Hop Indonesia."

6. Mode beralih audio/video
Youtube Music memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio/video dengan sekali tekan tombol.

"Kami mempunyai katalog musik terbesar, sehingga tidak hanya konten premium yang didapatkan dari artis, tapi kami juga punya remix, cover, rekomendasi yang bagus, dan ribuan playlist sudah ada di Youtube Music," ujar Ruben. (ANTARA)

Berita Terbaru