Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

33 Calon Komisioner Komnas Perempuan Lolos ke Tahap Wawancara

  • Oleh Teras.id
  • 06 November 2019 - 12:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 33 orang calon komisioner Komnas Perempuan lolos ke tahap wawancara.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner Komnas Perempuan Usman Hamid mengatakan, dalam tahap ini para calon komisioner akan ditanya seputar kompetensi menghadapi berbagai kasus yang terkait dengan masalah perempuan seperti kekerasan seksual, konservatisme, dan radikalisme.

Ia menjelaskan bahwa tes wawancara ini akan membahas lebih dalam komitmen dan strategi mereka memperjuangkan hak asasi perempuan dan memperkuat Komnas Perempuan dalam hubungannya dengan semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah.

"Dalam wawancara nanti kami akan mendalami komitmen mereka pada Komnas Perempuan, dari soal waktu dan perhatian, hingga bagaimana memperkuat Lembaga yang telah sekian tahun memperjuangkan hak-hak asasi perempuan,” Usman Hamid di Jakarta Selasa, 5 November 2019.

Apalagi, akhir-akhir ini, komitmen pemerintah masih kerap maju mundur soal kesejahteraan perempuan. Usman mengatakan, hal itu terlihat dari tertundanya pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual.

Anggota Pansel Kamala Chandrakirana menambahkan, selain melawan kekerasan seksual, menguatnya konservatisme dan radikalisme, tingkat kepemimpinan dan kemampuan manajerial pun juga akan diuji.

"Selain kualifikasi individu, Pansel juga mempertimbangkan mengenai komposisi Komisioner yang optimal untuk menghadapi tantangan tersebut, lalu bagaimana mengelola Komnas Perempuan ke depan dalam menjalankan perannya ke eksternal maupun internal," ujar Kamala.

Tahap wawancara ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 13 sampai 15 November 2019. Sebelumnya ke 33 Calon Komisioner ini telah lulus seleksi administrasi dan makalah, mereka juga telah lulus dari tahapan seleksi Uji Publik dan mengikuti Tes Psikologi. (TERAS.ID)

Berita Terbaru