Terminal Penumpang Tetap Dibangun di Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keinginan pemerintah daerah memindahkan aktivitas di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) nampaknya tidak akan terjadi. Karena antara pemerintah dan Pelindo III sudah sepakat tetap membangun terminal penumpang di Pelabuhan Sampit.

"Pembangunan terminal penumpang tetap akan dilakukan di Pelabuhan Sampit," ujar Sekda Kotim Halikinnor, Rabu 6 November 2019.

Hal itu disepakati setalah Pelindo bersama Bupati Kotim Supian Hadi melakukan pertemuan dengan pihak kantor pusat Pelindo III di Surabaya. Mereka sepakat bahwa pembangunan terminal harus menjadi salah satu objek wisata di Sampit.

"Jadi sudah ada kesepahaman antara pemerintah dan Pelindo III terkait dengan pembangunan terminal, karena bupati ingin terminal itu nantinya juga jadi objek wisata di Kotim," katanya.

Dari pertemuan mereka itu nantinya terminal akan dibangun lebih representatif berbentuk budaya asli daerah.

Selain itu juga dibangun taman dan tempat bersantai lainnya yang bersih dan asri, sehingga para penumpang atau masyarakat bisa menikmati tempat tersebut, dan menjadi wadah untuk berlibur dan bersantai.

"Maunya Bupati Kotim, terminal itu di lantai dasar juga jadi pusat perbelanjaan seperti mall mini. Sehingga bisa menjadi wadah untuk masyarakat berjualan nantinya," terangnya.

Nantinya paling tidak pada saat HUT Kotim atau HUT Pelindo, penandatanganan MOU antara pemerintah daerah dan Pelindo III bisa dilaksanakan, sehingga pembangunan terminal yang juga tempat wisata tersebut bisa segera dibangun. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru