Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bongkar Muat Kendaraan Besar Kapal Roro akan Dipindah di Pelabuhan Bagendang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2019 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aktivitas bungkar muar kendaraan besar atau angkutan barang yang dibawa oleh kapal jenis roro yang biasanya dilakukan di Pelabuhan Sampit akan dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang, sedangkan penumpangnya tetap diturunkan di Terminal Sampit.

"Nanti kapal roro bongkar muat ddi Pelabuhan Bagendang, terutama truk besar, sedangkan penumpangnya tetap di Pelabuhan Sampit," ujar Sekda Kotim Halikinnor, Rabu 6 November 2019.

Rencana ini sudah disampaikan kepada Pelindo III sebagai upaya pemerintah daerah agar menjaga truk besar muatan tidak lagi melintas di jalan dalam kota, sehingga keamanan masayarakat pengguna jalan juga lebih terjaga nantinya.

"Kami ingin tidak ada lagi angkutan besar yang melintas jalan dalam kota. Makanya kami memberikan penegasan tersebut kepada Pelindo III," katanya.

Dia tidak melarang akalu truk besar tersebut turun di Pelabuhan Sampit. Namun barang yang dibawa harus dibongkar di pelabuhan dan didistribusikan menggunakan angkutan kecil seperti pikap.

Sehingga jalan dalam kota juga tidak mudah rusak akibat angkutan besar dan keselamatan pengendara juga lebih aman nantinya.

"Atas perbincangan tersebut nantinya kapal penumpang tetap sandar di Pelabuhan Sampit. Bahkan terminal baru akan dibangun di areal tersebut. Hanya saja untuk bongkar muat barang dan kendaraan dialihkan ke Pelabuhan Bagendang," terangnya. Rencana ini sudah disampaikan kepada Pelindo III di Surabaya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru