Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 November 2019 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan membuka rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah di aula Bappelitbang, Kamis, 7 Nopember 2019.

Sejumlah undangan hadir pada kegiatan ini, seperti camat, kepala desa, lurah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Menurut ketua panitia pelaksana sekaligus Kepala Bappekitbang Katingan, Wim Ngantung, definisi umum kemiskinan ini adalah kondisi di mana seseorang atau kelompok orang tidak mampu memenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat.

Hak-hak dasar itu di antaranya terpenuhi kebutuhan pangan, kemudian terpenuhinya kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Lainnya terpenuhinya rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial politik.

Wakil Bupati Katingan, Sunardi Lirang mengatakan, penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu isu strategis yang tertuang dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD Kabupaten Katingan tahun 2018 - 2023.

Strategi penanggulangan kemiskinan daerah sangat diperlukan untuk mempercepat  penurunan angka kemiskinan dengan menetapkan konsep, pemahaman dan ruang lingkup intervensi kebijakan penanggulangan kemiskinan, menjabarkan strategi ke dalam arah kebijakan, serta mengaku pada indikator penanggulangan kemiskinan.

"Konsep penanggulangan kemiskinan adalah bagaimana upaya kita untuk menurunkan beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan produktifitas dari masyarakat miskin itu sendiri," kata Wabup Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru