Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Sebut Stunting Penyebab Kemiskinan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 November 2019 - 12:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang menyebut stunting atau anak pendek merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

Hal ini dikatakan saat membuka rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di aula Bappelitbang, Kamis 7 November 2019.

Menurutnya persentase penduduk miskin di Katingan pada 2018 sebanyak 5,22 persen, sedangkan Provinsi Kalteng 5,17 persen.

"Masalah lain di Katingan adalah masih tingginya angka stunting yaitu pada 2018 sebanyak 33,26 persen, sedangkan Provinsi Kalimantan Tengah 34,4 persen," katanya.

Stunting, kata Sunardi merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Dampak stunting selain tinggi badan pendek juga berkaitan dengan tingkat kecerdasan manusia.

Orang stunting pada umumnya tingkat kecerdasanya rendah yang disebabkan kurangnya asupan gizi selama masa kehamilan sampai bayi umur dua tahun yang disebut 1.000 hari pertama kehidupan manusia.

Karena pada masa inilah terjadinya pertumbuhan otak manusia sebanyak 85 persen, sehingga sangat penting menjaga asupan gizi pada masa tersebut untuk melahirkan gerakan unggul yang sehat dan cerdas, sebagaimana harapan Presiden Jokowi pada 2045 Indonesia generasi berumur 100 tahun akan memperoleh bonus demografi menuju negara maju.

"Upaya kita untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Katingan harus kita lakukan mulai sekarang secara terpadu dan fokus melalui konvergensi percepatan pencegahan stunting, agar angka stunting di Katingan pada saatnya nanti berada diangka yang rendah yaitu kurang dari 20 persen," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru