Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberhasilan Pengembangan Tanaman Bawang Merah Sebagai Demplot di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 07 November 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Keberhasilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara dalam mengembangkan tanaman bawang merah di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) adalah demplot atau percontohan bagi petani.

"Ini adalah salah satu demplot, tanaman ini harus kita kembangkan dan menjadikan percontohan kepada masyarakat kita," ucap Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi, Kamis 7 November 2019.

Menurutnya, apabila keberhasilan ini terlihat oleh masyarakat, maka petani akan mengiring dan mulai menggeluti tanaman bawang merah tersebut karena tergiur dengan hasil yang didapat.

"Dengan hasil kecil seperti ini, petani akan langsung melihat, tidak perlu lagi kita sosialiasi cara menamam bawang seperti ini, langsung praktek saja, karena kalau cuman mendengar mereka belum tentu mau melakukan, tetapi kalau langsung praktek mereka pasti mau," ujarnya.

Ahmadi berharap agar tanaman bawang ini ke depannya bisa berkembang dan menjadi penghasilan bagi masyarakat, mengingat potensinya cukup besar di Kabupaten Sukamara.

"Kalau masyarakat kita juga bisa mengembangkan bawang merah ini tentunya akan meningkatkan penghasilan warga kita," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru