Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Madu Rusak Tanaman Warga Baamang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 November 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemunculan beruang madu di Gang H Ijam dan Gang Anugrah, Jalan Cristophel Mihing, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meresahkan masyarakat. Bahkan beruang tersebut telah merusak tanaman seperti kebun nanas dan kelapa milik warga.

"Kami menerima laporan kemunculan beruang madu, yang merusak kebun kelapa dan nanas milik warga," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis, 7 November 2019.

Mendapatkan laporan tersebut, pada Rabu, 6 November 2019 sore, pihaknya langsung melakukan observasi di lokasi tersebut. Dan benar ada pengrusakan kebun warga. Bahkan hewan dilindungi tersebut juga menyerang ternak masayarakat sekitar.

Guna mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi lagi, pihaknya sudah memasang perangkap di lokasi tersebut. Umpan yang dipasang yakni buah nanas dan juga mangga.

"Sudah kami pasang perangkap, mudah-mudahan beruang tersebut masuk dan bisa dievakuasi nantinya," harap Muriansyah.

Kemunculan beruang madu di daerah tersebut, membuat pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di dua gang tersebut. Agar selalu berhati-hati dan menghindari jika melihat adanya kemunculan berubah tersebut. Sehingga tidak menjadi korban serangan oleh hewan dilindungi itu.

"Kami harap warga berhati-hati dengan kemunculan beruang tersebut. Jangan mengambil tindakan sendiri, karena hewan itu sangat berbahaya," kata Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru