Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: Optimalkan Anggaran, Serapan Harus Digenjot

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 November 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin terus menggalakan jajaran di bawahnya untuk mempercepat proses serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Perlu dioptimalkan, jika perlu proses pengadaan lelang barang dan jasa sejak awal tahun," sebutnya, Kamis, 7 November 2019.

Dia menilai proses lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah harus tepat waktu dan sasaran serta berjalan efektif dan efisien. 

Fairid meyakini keterlambatan sedikit saja dalam proses tersebut dapat mengurangi daya dorong APBD dalam perkonomian daerah, terutama belanja infrastruktur yang sensitif terhadap waktu.

Dia menekankan sebagai langkah untuk mendorong rencana tersebut setelah terbentuk DPA disetiap SOPD, maka rencana umum pengadaan harus cepat dibuat di sistem LPSE.

"Tujuannya agar tahun berikutnya per januari sudah masuk pekerjaan fisik. Ketok anggaran, Rencana Umum Pengadaan (RUP) masuk dan langsung start,” tandasnya.

Ia menegaskan pemerintah daerah tidak boleh mengulang kesalahan yang sama setiap tahun, seperti masih adanya lelang konstruksi di akhir tahun.  

"Mindset lama harus diubah sebab itu Januari harus mulai dikerjakan," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru