Keterbukaan Informasi Publik Era Sugianto Sabran Sangat Nyata

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 November 2019 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keterbukaan informasi publik era Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sangat nyata. Jenis maupun progres pembangunan yang telah dilakukan baik pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun ekonomi, disampaikan ke publik tanpa terkecuali.

"Bapak Sugianto Sabran, sangat terbuka dengan keterbukaan informasi publik. Di masa 3 tahun kepemimpinannya, keterbukaan beliau sangat nyata," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Herson B Aden pada press conference, Kamis, 7 November 2019.

Herson menyampaikan hal itu tidak lepas dari inovasi yang dikembangkan gubernur sejak 2017, yakni berbasis website https://ppid.kalteng.go.id.

Setiap data, capain, progres pembangunan, anggaran dan lain sebagainya dapat dilihat melalui website tersebut. "Semuanya ada disitu. Jadi sangat terbuka sekali," ungkapnya.

Atas kesuksesan mewujudkan keterbukaan informasi publik, gubenur pernah mendapatkan penghargaan sebagai gubernur inovatif 2019 dengan kategori pelayanan masyarakat.

Herson melanjutkan juga pernah menerima penganugerahan keterbukaan informasi publik pada 2018 dari Komisi Informasi Pusat sebagai Badan Publik menuju informatif yang diterima di istana wakil presiden RI.

Hingga saat ini, jumlah informasi yang tersedia pada website ppid adalah 1.781 informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas.

Selain soal keterbukaan informasi publik, gubernur juga sukses mewujudkan Kalteng sebagai smart province atau provinsi cerdas.

Gedungnya juga sudah terbangun dan dapat memantau beberapa daerah lewat 150 CCTV yang berada di berbagai tempat.

Untuk membuktikan keterbukaan nyata itu, Herson pun mengajak awak media melihat gedung smart province hingga ke ruang command center.

Di situ, Herson menunjukan data-data, yang pada intinya adalah semua progres pembangunan berada pada website tersebut. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru