Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APBD Barito Utara 2020 Harus Cerminkan Kondisi Nyata dan Disusun Secara Berkesinambungan

  • Oleh Ramadani
  • 07 November 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sebagai rencana keuangan tahunan daerah yang dibahas dan disetujui bersama eksekutif dan legislatif, APBD Kabupaten Barito Utara harus mencerminkan kondisi nyata dan disusun secara berkesinambungan dengan mengacu ke dokumen perencanan pebangunan nasional dan daerah.

Menurut juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Henny Rosgiaty Rusli, bahwa APBD merupakan alat atau wadah untuk mewujudkan kebutuhan untuk kepentingan masyarakat ke dalam program dan kegiatan. 

Untuk itu ia memberikan masukan kepada pemerintah daerag agar menggali dan memaksimalkan potensi serta Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga mampu mendorong sumber daya ekonomi, pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM.

“Selain itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat walaupun kita memiliki keterbatasan kemampuan keuangan,” ungkapnya, Kamis 7 November 2019 pada sidang paripurna.

Ia menyarankan untuk meningkatkan PAD, terutama dari retribusi agar bisa bekerja sama dengan pihak ketiga atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Selanjutnya, jika melihat dari APBD 2019 Rp 1,2 triliun, sedangkan APBD 2020 hanya Rp 1,1 triliun, maka mengalami penurunan. Untuk itu diharapkan pemerintah dapat lebih memaksimalkan PAD.

“Serta setiap kepala satuan organisasi perangkat daerah (OPD) segera menjalankan program yang sudah dirancang, sehingga dapat selesai tepat waktu,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru