Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Dituntut Kreatif Hasilkan Sumber Pendapatan

  • Oleh Ramadani
  • 07 November 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara dituntut untuk cerdas dan kreatif dalam menghasilkan serta mengelola sumber-sumber pendapatan. Hal tersebut sebagai antisipasi pencapaian pendapatan yang telah ditargetkan pada RAPBD 2020.

“Sumber-seumber pendapatan alternatif perlu digali secara kreatif dan inovatif, dengan mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada secara efektif dan efisien,” kata juru bicara fraksi Amanat Rakyat Karya Sejahtera (ARKS), Hasrat, Kamis 7 November 2019.

Dia mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan maysrakat dan mengurangi angka pengangguran yakni dengan memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih terintegrasi.

Selain itu, pihaknya juga memberi catatan terhadap program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, seperti penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKP, keuangan semester, dan pelaporan keuangan akhir tahun yang berbeda.

“Fraksi kami mengharapkan pemkab dapat melakukan standarisasi dalam komponen biaya tersebut, sehingga efektivitas dan efisiensi anggaran dapat dilakukan,” harapnya.

Dia juga meminta pemkab untuk terus melakukan terobosan terkait dengan dana perimbangan/transfer yang bersumber dari pemerintah pusat seperti DAK dan DAU. Karena sangat dipengaruhi capaian kinerja fisik dan keuangan pemerintah daerah. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru