Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Katingan Kuala Kekurangan Pupuk Musim Tanam Oktober - Maret

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 November 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan kekurangan pupuk bersubsidi untuk musim tanam Oktober-Maret atau Okmar.

Camat Katingan Kuala, Suryanto, Kamis, 7 November 2019, membenarkan adanya permasalahan tersebut. Padahal, menurutnya, wilayah Katingan Kuala sejauh ini merupakan lumbung padi atau beras di Katingan. Sehingga keperluan pupuk, terutama yang subsidi juga tidak sedikit.

"Kecamatan Katingan Kuala setiap musim memerlukan 2.450 ton pupuk. Rinciannya, urea 700 ton, NPK 1.400 ton, dan SP36 sekitar 350 ton," kata Suryanto.

Namun untuk musim tanam Okmar ini, pupuk yang tersedia atau yang telah disalurkan yakni urea 72 ton, NPK 147 ton, SP36 107 ton dan 2A sekitar 32 ton.

"Jadi masih banyak kekurangan pupuk untuk wilayah Kecamatan Katingan Kuala untuk musim tanam Okmar ini," katanya.

Dia mengatakan, saat ini petani di wilayahnya sudah mulai menanam padi. Dia pun berharap agar pupuk bersubsidi segera disalurkan untuk mengatasi persoalan kekurangan yang dihadapi.

"Harapan kami, semoga Pemkab Katingan bisa membantu memfasilitasi pihak ketiga ini agar penyaluran pupuk subsidi untuk wilayah Katingan Kuala tiidak tersendat," pungkas Suryanto. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru