Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Lalap Mulai Lirik Potensi Budidaya Jahe Merah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 November 2019 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga Desa Lalap, Kecamatan Patangkep Tutui mulai melirik potensi komoditas pertanian untuk dikembangkan. Salah satunya yakni jahe merah.

"Hari ini Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Patangkep Tutui melaksanakan penyuluhan dan pelatihan budidaya jahe merah di wilayah binaan Desa Lalap," kata koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Lukmanul Chakim, Kamis, 7 November 2019.

Menurut Lukmanul, kegiatan yang diikuti kelompok tani dan TP PKK Desa Lalap tersebut untuk menciptakan solusi dari permasalahan bahan baku produk tanaman obat keluarga (toga).

"Instruktur pelatihan budidaya jahe merah yakni koordinator BPP, PPL Desa Lalap, dan PPL dari BPP Patangkep Tutui," imbuh Lukmanul.

Sementara itu, Kepala Desa Lalap, Rianto, mengatakan, pemerintah desa akan terus memberikan perhatian kepada masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat.

“Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah desa dengan masyarakat Lalap. Kami berharap, melalui pelatihan ini, peserta dapat menerapkannya di lingkungan masing-masing, terutama di pekarangan rumah,” lanjutnya.

Budidaya tanaman jahe merah memiliki prospek tinggi, namun butuh kesabaran menunggu masa panen jahe yang lebih panjang, dibandingkan sayuran.

"Hasil budidaya jahe warga Desa Lalap diharapkan dapat memenuhi kebutuham produk olahan herbal yang banyak menggunakan bahan baku jahe," pungkas Rianto. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru