Inovasi Gubernur Kalteng Terbaru Bakal Pasang Artificial Intelligence, Motor Lewat Terdeteksi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 November 2019 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terus berinovasi memantapkan tekad menuju smart province. Bahkan dalam waktu dekat akan memasang artificial intelligence (AI).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Herson B Aden mengatakan, salah satu manfaat pemasangan AI yakni dapat mengetahui jumlah kendaraan yang lewat, baik roda dua maupun lebih. 

"Kecerdasan intelijen ini nanti dipasang di berbagai titik," katanya, Kamis, 7 November 2019.

Herson menuturkan, inovasi lainnya yakni memasang CCTV di beberapa titik dengan tujuan memantau berapa banyak kendaraan yang melintas menggunakan plat non KH. 

"Dengan alat itu nanti bisa terdeteksi. Yang lewat mobil non KH berapa, bisa kita lihat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, inovasi ini nantinya juga mampu mendeteksi apakah kendaraan yang melintas sudah membayar pajak atau belum. Hal ini tentunya juga akan menggandeng instansi terkait.

Berikutnya, berkaitan keamanan. Salah satunya untuk mendeteksi identitas seseorang, apakah beridentitas kartu tanda penduduk Kalteng atau bukan. Mengenai ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Dukcapil. 

"Ini wacana ke depan. Yang pasti untuk memantau dan dalam rangka menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," tutur Herson. (BUDI YULIANTO/ADV/B-11)

Berita Terbaru