Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Kesehatan Katingan Hadiri Evaluasi Dana Bantuan Operasional Kesehatan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 November 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Puluhan petugas kesehatan termasuk kepala puskesmas se Kabupaten Katingan menghadiri pertemuan evaluasi dana alokasi khusus atau DAK non fisik bantuan operasional kesehatan atau BOK, Jumat, 8 Nopember 2019.

Acara yang digelar di aula Hotel Katingan ini dibuka Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang.

Dalam acara ini juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, Robertus Pamuriyanto dan perwakilan BPJS Kesehatan Palangka Raya.

Menurut Wabup Sunardi Litang, dana alokasi khusus non fisik bidang kesehatan atau DAK non fisik bidang kesehatan adalah dana yang dialokasikan ke daerah untuk membiayai operasional kegiatan program prioritas nasional di bidang kesehatan. Program itu menjadi urusan daerah guna meningkatkan akses dan moto pelayanan kesehatan di daerah.

Wabup Sunardi mengatakan, dana alokasi khusus non fisik bidang kesehatan meliputi bantuan operasional kesehatan, kemudian jaminan persalinan, akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 112/PMK.07/2017 tentang pengelolaan tranfer ke daerah.

Pada kegiatan ini Sunardi berharap agar peserta memperhatikan laporan realisasi penyerapan penggunaan dana BOK sebagaimana dimaksud pada ayat 7 menjadi syarat penyaluran dana BOK.

"Penyaluran triwulan III dalam hal daerah telah menyampaikan laporan realisasi penyerapan yang menunjukan paling sedikit 60 persen dari dana BOK yang telah disalurkan sampai dengan triwulan II dan laporan output paling sedikit 30 persen," katanya.

Kemudian penyaluran triwulan IV dalam hal daerah nenunjukan paling sedikit 75 persen dari dana BOK yang telah disalurkan sampai dengan triwulan III dan laporan capaian output paling sedikit 60 persen.

"Batas akhir penyampaian SPJ akhir tahun yaitu pada akhir Nopember 2019, maka dari itu tolong bapak dan ibu perhatikan lagi di DPA kegiatan apa saja yang masih belum dilaksanakan agar segera dilaksanakan," imbuh Wabup Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-2)
 

Berita Terbaru