Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Propemperda Wujudkan Pembangunan Hukum di Daerah Berjalan Selaras

  • Oleh Ramadani
  • 08 November 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan, sebagai instrumen perencanaan, Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) memegang peranan penting dalam mewujudkan pembangunan hukum di daerah agar berjalan selaras sistem hukum nasional, RPJMD, otonomi daerah dan tugas pembantuan.

“Propemperda juga merupakan instrumen yang mencakup perencanaan hukum agar selalu konsisten dengan tujuan, hukum yang mendasari dan sesuai arah pembangunan daerah,” imbuh Sugianto, Jumat 8 November 2019.

Keberadaan Propemperda, kata dia, dapat membantu meminimalisir persoalan tumpang tindih, saling bertentangan antara perda yang satu dan lainnya, antara peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan menciptakan efiseiensi dalam pembentukan peraturan daerah.

“Dengan ditetapkan Propemperda ini, merupakan tugas dan tanggung jawab bersama pemerintah daerah dan DPRD untuk menyusun Perda yang termuat dalam Propemperda tersebut selama tahun 2020,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, semua produk hukum yang dihasilkan berdasarkan Propemperda yang disusun, bukan hanya dilihat dari kuantitasnya saja, melainkan juga kualitas.

“hal ini dalam rangka pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang turan yang kita cintai ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2) 

Berita Terbaru