Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Santri Lapas Pangklan Bun Buat Karya Al Quran Ukuran Besar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 November 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun berhasil membina orang yang menjalani masa pidana dengan membuat karya dan salah satunya Al Quran ukuran besar.

Kepala Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Kusnan mengatakan lapas merupakan lembaga yang memiliki peran dalam melaksanakan pembinaan, terutama bagi orang yang menjalani masa pidana agar nantinya bisa diterima kembali di masyarakat.

"Ada santri lapas yang membuat Alquran dengan diameter besar dan ini telah dibuat beberapa bulan lalu," ujarnya, Jumat 8 November 2019.

Seperti biasa pihaknya melakukan pengawasan rutin dan meninjau pembuatan Alquran ukuran besar yang dibuat oleh salah satu warga binaan di blok santri atau blok minimum security.

"Pembuatan Alquran dibuat di kertas khusus serta dibuat dengan penuh ketelitian. Warga binaan ini juga merupakan salah satu santri di Pesantren AT Taubah Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun. Dia merasa bangga atas capaian dari hasil pembinaan selama ini," ungkapnya.

Pembuatan Alquran ini sudah hampir selesai dan akan diadakan pencocokan yaitu dengan mengundang Majelis Ulama Indonesia dan Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Barat.

Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun juga memiliki program pembinaan berupa pembuatan mandau, lukis bakar, miniatur dari kaca, lukisan kaligrafi dan masih banyak lagi program pembinaan lainnya.

“Kami mengadakan program seperti ini agar nantinya mereka memiliki skill atau kemampuan pada saat masa pidananya telah selesai," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru