Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PAN Ingin Kinerja OPD Penghasil PAD Lebih Serius

  • Oleh Syahriansyah
  • 08 November 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Ketua fraksi Partai Amanat Nasional, Akhmad Tafruji ingin kinerja dan upaya organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mencari peluang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) lebih serius lagi untuk 2020 mendatang. 

Hal ini karena dalam proyeksi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 memang akan ada kenaikan 2-3 persen pada dana perimbangan dan pendapatan daerah lain yang sah. Namun yang menjadi perhatian pihaknya setiap tahunnya proyeksi target PAD sektor pajak daerah cenderung menurun.

"Upaya serta niat masing masing OPD penghasil PAD dalam proyeksi RAPBD tahun 2020 yang kita pertanyakan, targetnya masih sama dan justru cenderung menurun. Padahal banyak sumber objek pajak serta retribusi daerah yang sah berpotensi setiap tahun harusnya meningkat," kata Ketua Komisi III DPRD Murung Raya (Mura) ini, Jumat, 8 November 2019.

Hal ini menurutnya menggambarkan bahwa belum ada keinginan yang keras dari masing masing OPD dalam meningkatkan PAD dari berbagai sektor baik itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maupun retribusi. 

"Kami berharap angka proyeksi dan target ini dapat meningkat tahun depan, guna menunjang pembangunan baik infrastruktur serta peningkatan kapasitas SDM, sehingga tidak selalu berharap dengan dana dari pemerintah pusat saja," lanjut Tafruji.

Tentu ini akan menjadi tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura kedepan apa yang disampaikan oleh pihak DPRD Mura khusunya dalam peningkatan PAD ini. (RIANSYAH/B-2) 

Berita Terbaru