Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Bibit Unggul Sawit iCalix

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 09 November 2019 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai upaya dilakukan oleh sejumlah pihak demi dapat meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit, salah satunya dengan mengembangkan benih sawit unggul.

Dalam waktu dekat, akan beredar benih sawit unggul bernama iCalix di pasaran. Benih unggul ini adalah hasil pengembangan PT Minamas Plantation melalui pusat penelitiannya Minamas Research Centre (MRC).

Rencananya, pada awal 2020, benih unggul iCalix akan diluncurkan ke pasaran guna mendukung peremajaan sawit serta peningkatan produktivitas sawit nasional.

Direktur Utama Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad, di Jakarta, Kamis (7/11/2019), mengatakan pada Februari 2019 pihaknya telah resmi menerima Surat Persetujuan Penerbitan Benih Kelapa Sawit (SP2BKS) dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

"Kami telah memulai riset dan pengembangan benih unggul iCalix sejak tahun 2010 melalui pusat penelitian MRC yang berlokasi di Riau," katanya.

Menurutnya, benih yang diproduksi dan disalurkan saat ini merupakan benih iCalix yang didapatkan dari persilangan antara induk Dura Banting terseleksi dengan induk Pisifera AVROS yang berasal dari Afrika.

Kedua jenis induk sawit tersebut, lanjutnya, dinilai paling cocok untuk menghasilkan bibit berkualitas dengan tingkat produksi yang tinggi.

Head MRC, Shahrakbah Yacob, menambahkan benih iCalix memiliki potensi produksi Tandan Buah Segar (TBS) hingga 30,9 ton/hektar/tahun dan juga bisa menghasilkan Crude Palm Oil (CPO) 8,5 ton/hektare/tahun.

"Selain itu memiliki keunggulan dari sisi kandungan dan produksi minyak yang tinggi serta pertumbuhan tinggi pohon yang agak lambat," katanya.

Benih jenis ini, lanjutnya, juga memiliki rasio oil to bunch yang tinggi. Artinya, benih ini memiliki potensi kandungan minyak yang tinggi dalam setiap tandannya.

Berita Terbaru