Pastikan Luas Pertanian Meningkat, Kepala Distanak Barito Timur Ikut Tanam Padi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 November 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Untuk memastikan luas pertanian pada dua bulan terakhir musim tanam di tahun 2019 meningkat, Kepala Distanak (Dinas Pertanian dan Peternakan) Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi turun ke Desa Pangkan Kecamatan Paku ikut tanam padi.

"Kami hadir di sini untuk mendorong supaya luas tanam padi kita lebih meningkat," kata Riza di Desa Pangkan, Sabtu, 9 November 2019 pagi.

Selain untuk memantau kesiapan lahan tanam padi di Desa tersebut, Riza pun memberikan motivasi kepada para petani dengan ikut menanam padi ladang bersama warga di Desa Pangkan hingga selesai.

"Mudah-mudahan hujan segera turun supaya di bulan november-desember ini target kita khususnya untuk luas tanam padi ladang dapat tercapai," imbuh Riza.

Mardani, petani pemilik lahan yang sedang ditanami padi ladang mengatakan, selain ditanami padi, ladang tersebut juga dipersiapkan untuk tanaman kakao dari bantuan pemerintah daerah melalui dinas pertanian.

"Nanti setelah padinya tumbuh cukup tinggi baru ditanami kakao pada sela-sela padi," kata Mardani.

Sebelumnya Ia sudah mempersiapkan terlebih dahulu tanaman peneduh bagi kakao yaitu pisang kepok atau yang biasa dikenal waga Barito Timur sebagai pisang manurun.

"Lahan ini masih bisa ditanami pada tahun berikut, setelah itu yang bisa dinikmati panen buah pisang sambil menunggu panen kakao yang akan berbuah pada saat berumur 4 tahun," papar Mardani. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru