Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Polres Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 10 November 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Mauara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengadakan apel gabungan untuk memperingati Hari Pahlawan ke 74 di halaman Polres Barito Utara, Minggu 10 November 2019.

Apel dipimpin Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala putra. Apel ini juga diikuti ASN, TNI , Polri, Satpol PP, dan mahasiswa.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pengibaran berndera, mengheningkan cipta dan pembacaan kata-kata bijak dari pahlawan yang telah gugur.

Selain itu dilakukan penyerahan tali asih kepada keluarga veteran yang telah gugur. Wakil Bupati Barito Utara membacakan amanat Menteri Sosial.

"Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dala merebut kemerdekaan Indonesia," katanya.

“Pada pertempuran itu rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” ujarnya.

Peristiwa perang itu mengingatkan generasi muda bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidak datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Dengan peringatan ini diharapkan generasi muda lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father yakni Bung Karno yang menyatakan bahwa ‘Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar’.

Selain itu dengan peringatan ini generasi muda membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru